Peserta Rakernas Apeksi Bakal Diajak Tanam Pohon di Kawasan CPI Makassar

Aksi tanam pohon di kawasan CPI, saat MNEK 2023 diselenggarakan beberapa waktu lalu. Foto: Dok Pemkot Makassar

MAKASSAR – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bakal diselenggarakan di Makassar, pada Senin 10 Juni hingga Jumat, 14 Juli 2023 mendatang.

Sebanyak 98 kota bersama delegasinya terkonfirmasi akan hadir. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar juga terus mematangkan kesiapan pelaksanaan pertemuan para wali kota se-Indonesia tersebut.

Salah satu agenda pada Rakernas Apeksi kali ini, yakni terkait dengan lingkungan.

Para peserta bakal diajak ikut menanam 150 pohon di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), pada Kamis, 13 Juli nanti.

Menurut Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Ferdy Mochtar, jenis pohon yang bakal ditanam, yakni Tabebuya. Namun itu masih berupa bibit.

“Dilihat dari lokasi yang akan ditanami, kurang lebih ada 150 pohon yang akan ditanami jenis Tabebuya. Lokasinya di CPI, karena di sana adalah salah satu lokasi ruang terbuka hijau. Agendanya pagi, sebelum jam 9 pagi,” kata Ferdy dalam keterangannya, Selasa 04 Juli 2023.

DLH Makassar memang sengaja memilih pohon Tabebuya, karena dianggap memiliki nilai estetika. Bunganya berwarna-warni, daunnya juga rimbun. Indah dipandang mata.

Jenis pohon ini juga dikenal tahan terhadap berbagai jenis cuaca. Sehingga, cocok ditanam di daerah perkotaan.

Ferdy lantas berharap, aksi tanam pohon bisa ke depannya bisa memberi manfaat yang berkelanjutan. Pohonnya diharap bisa tumbuh subur untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan.

“Salah satu tujuannya juga untuk menambah RTH di Makassar. Kalau RTH banyak, otomatis tingkat kualitas udara akan jauh lebih bagus,” terangnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here