Danny Pomanto Dampingi Ketua MA Resmikan PTSP Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Makassar

MAKASSAR – Jumat 07 Juli 2023. Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Prof M Syarifuddin berkunjung ke Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Khusus Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto turut hadir mendampingi Ketua MA meresmikan pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Kelas 1A Khusus Makassar.

Syarifuddin lantas memuji Danny Pomanto-sapaan wali kota Makassar. Sebab menyempatkan diri hadir dalam kunjungan kerjanya di Makassar, pagi tadi.

Baginya, hal tersebut merupakan tanda jika selama ini terjalin kerja sama antar lembaga peradilan dan pemerintah kota.

“Pak wali bersama Forkompinda menyempatkan waktu untuk hadir di sini, kami berterimakasih sekali. Ini suatu pertanda bagi kami bahwa antara pemerintah daerah setempat punya kerjasama yang baik dengan peradilan di sini,” ucap Syarifuddin dalam sambutannya.

Dia pun berharap, dengan adanya PTSP di lembaga peradilan, pelayanan bisa berkeadilan tanpa praktek Kolusi, Korupsi dan Nepotisme atau zero KKN. Juga transparan dan akuntabel.

Bukan hanya terkait masalah administrasi umum saja, melainkan judicial dapat terlayani secara real-time dan any-time.

“Dengan adanya PTSP di Pemda juga ada MPP maka ini perlu dikoneksikan dengan IT agar pelayanannya terjalin baik,” kata Syarifuddin.

“Dengan berlakunya IT, maka hanya satu kali tombol saja berkas itu sudah masuk ke Mahkamah Agung,” sambungnya.

Danny Pomanto lalu menyambuat baik rencana kolaborasi tersebut. Apalagi sebelumnya, dia mengaku akan mengakomodir pelayanan publik PN Kelas 1A Khusus Makassar di Makassar Government Center (MGC).

Pembangunan MGC ditargetkan tuntas hingga akhir 2023 ini.

“Kami sangat bersyukur sekali karena kami lagi bangun namanya Makassar Government Center. Di situ nanti ada Mal Pelayanan Publik (MPP), Mal Inovasi, Mal Investasi hingga Mal UMKM. Jadi nanti kita siapkan ruang juga buat Pengadilan Negeri Makassar,” ucapnya di hadapan Ketua PN Kelas 1A Khusus Makassar, beberapa waktu lalu.

“Jadi full pelayan di sana (MGC), yang berhubungan dengan pelayanan disatukan semua, tidak ada pisah-pisah,” sambungnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here