Ipro Proyek Japparate Terbit, Yakinkan Investor di Forum MIF 2023

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto melaunching pra bidding proyek Japparate Commercial and Tourism Center (JCTC). Proyek ini sudah mengantongi Investment Project Ready to Offer (IPRO) dari pusat.

Dengan begitu, sangat memudahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meyakinkan para investor asing melalui Makassar Investment Forum (MIF). Forum bisnis ini, bagian dari kegiatan Rakernas Apeksi 2023. Berlangsung di Hotel Claro, Jumat 14 Juli 2023.

Ipro diketahui sebuah status yang menandakan jika proyek itu sudah clean and clear. Dan juga bisa dipastikan minim permasalahan. Sehingga siap untuk ditawarkan ke para investor.

“Kita sudah masuk di list ipro. Artinya Japparate ini proyek siap tender,” kata Danny Pomanto.

Meski begitu, Pemkot Makassar masih menunggu peraturan daerah (perda) terkait proyek Japparate tersebut.

Syarat lain pelaksanaan proyek ini dipastikan sudah terpenuhi. Mulai dari izin analisis dampak lingkungan, sertifikasi lokasi dan kelengkapan izin lainnya.

Korea Selatan, lanjut Danny Pomanto, begitu tertarik untuk berinvestasi pada proyek Japparate ini.

“Tadi saya dapat kabar peluang terbesar itu Korea Selatan menyatakan kesiapannya,” bebernya.

Juga beberapa negara lainnya, seperti Belanda, Inggris, Italia, Rusia, Jepang dan Taiwan.

Direktur Promosi Daerah Kementerian Investasi, Saribua Siahaan menyatakan dukungannya terhadap proyek Japparate untuk ditawarkan ke para investor.

“Pasti ketika ada izin kita kawal habis agar investor di Makassar ini tidak terganggu urusan ijin. Ipronya sudah terbit. Ipronya ini meyakinkan investor untuk tidak takut berinvestasi,” terangnya.

Saribua lantas mengingatkan kepada pemerintah kota Makassar untuk berkolaborasi bersama investor jika proyek tersebut benar-benar deal.

“Jangan sampai dia mau bawa semua pekerja dari luar. Tidak begitu. Kita harus berdayakan pekerja lokal juga,” jelasnya.

Diketahui, Japparate sendiri adalah salah satu proyek strategis Kota Makassar. Merupakan proyek jembatan layang berlantai tiga.

Rencananya bakal dibangun di kawasan Anjungan Pantai Losari sepanjang 1,6 kilometer, dengan nilai investasi Rp5 triliun.

Selain Japparate, melalui Forum MIF ini, juga ditawarkan proyek Elevated Road lanjutan dari tol layang pettarani. Nantinya, ini akan terhubung ke Anjungan Pantai Losari sepanjang 22-24 kilometer. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here