Tim Verifikasi Kemendagri Nilai Kelurahan Maccini Sombala Pada Lomba Tingkat Nasional

MAKASSAR – Kelurahan Maccini Sombala berhasil keluar sebagai pemenang lomba kelurahan terpadu tingkat provinsi Sulsel, beberapa waktu lalu. Hasil tersebut mengantarkan Maccini Sombala mewakili Sulsel pada ajang lomba tingkat nasional.

Jumat, 21 Juli 2023. Tim penilai dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri turun langsung melakukan verifikasi lapangan di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Rombongan dari kementerian itu, dipimpin langsung Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Tri Rustiana Harahap.

Kedatangan mereka disambut oleh Sekretaris Kota Makassar, M Ansar bersama Ketua TP PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail dan Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat, Harun Rani, serta Camat Tamalate, Emil Yudianto, dan Lurah Maccini Sombala.

“Hari ini kita sama-sama tentu akan mendapatkan arahan dan penilaian dari Tim Kemendagri. Kelurahan Maccini Sombala dan Kecamatan Tamalate ini, alhamdulillah sudah kita persiapkan untuk dinilai,” kata Indira Jusuf dalam sambutannya.

Indira Jusuf bahkan menyampaikan komitmen TP PKK Makassar untuk berkolaborasi dalam mewujudkan kelurahan atau pun desa dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Semoga kita bisa mendapat masukan-masukan bagaimana sebenarnya agar kelurahan itu bisa tertata dengan baik untuk kita terus berbenah,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Rustiana Harahap menjelaskan, jika verifikasi lapangan di kelurahan dilakukan dengan menyesuaikan data pada waktu penilaian administrasi. Juga menilai beberapa bidang lainnya, yakni pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, termasuk inovasi.

“Tugas kita adalah mencocokkan apa yang ada di dalam administrasi dan apa yang ada di lapangan. Untuk tahapan penilaian administrasi, alhamdulillah Maccini Somba sudah berhasil,” ungkapnya.

Tri melanjutkan, Kota Makassar yang berada di wilayah Regional III Kalimantan-Sulawesi akan dinilai bersama lima kelurahan lainnya. Selanjutnya diseleksi ke dalam tiga besar untuk melakukan presentasi di Jakarta.

“Selanjutnya nanti ada tahapan yang dari lima provinsi yang kami nilai, ini akan ada tiga yang maju untuk tahapan penentuan calon juara di Jakarta,” jelas Tri.

Tri pun mengapresiasi Pemkot Makassar atas berbagai upaya dan kerja keras yang telah dilakukan untuk sampai di tingkat nasional.

Apalagi, Kelurahan Maccini Sombala keluar menjadi kelurahan terbaik di tingkat Provinsi dari total 153 Kelurahan di Sulsel. Serta menjadi lima kelurahan terbaik di tingkat nasional untuk Regional III Kalimantan-Sulawesi dari 2.438 Kelurahan.

“Hal ini dapat diperoleh karena merupkan hasil dari kerja keras dari pihak Pemkot Makassar, kecamatan, kelurahan dan pihak terkait lainnya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel, Muh Saleh turut hadir untuk menyerahkan secara resmi piagam penghargaan kelurahan terbaik kepada Lurah Maccini Sombala. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here