Dishub Makassar Launching Tiga Inovasi: Pajama Lampu, Mallopi dan Si Kuning

MAKASSAR – Jumat 28 Juli 2023. Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar melaunching tiga inovasi sekaligus di Anjungan Pantai Losari. Masing-masing Penerangan Jalan Masyarakat Pulau Metode Pembangkit Tenaga Bayu (Pajama Lampu).

Selanjutnya, Manajemen Angkutan Laut Lorong Pulau Wisata (Mallopi) dan Sistem Angkutan Anak Mengedukasi Nyaman Gratis (Si Kuning).

Kepala Dishub Makassar, Aulia Arsyad bilang, jika inovasi tersebut merupakan pengembangan dari inovasi sebelumnya.

“Intinya lebih diefektifkan lagi fungsinya,” kata Aulia-sapaannya.

Pada pelaksanaannya nanti, inovasi Pajama Lampu akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Angina atau Wind Power sebagai sumber penghasil listrik. Lampu akan dipasang di pinggir pulau untuk memberi sinyal daratan bagi para nelayan. Juga untuk kenyamanan wisatawan.

Pengembangan inovasi tersebut bakal menggunakan APBD perubahan 2023, juga APBD 2024. Estimasinya Rp20 juta untuk satu unit lampu.

“Target awal kita satu pulau dulu. Untuk pulaunya akan dilihat dari segi pemanfaatannya,” kata Aulia.

Sementara inovasi Mallopi, menggunakan anggaran bantuan dari Kementerian Perhubungan. Nantinya, Mallopi digratiskan untuk para wisatawan dan masyarakat kota Makassar.

“Sekarang kita digunakan mengangkut penumpang ke pulau-pulau wisata dengan gratis, dilengkapi dengan QR Code untuk data penumpang dan kita sudah kerjasama Jasa Raharja untuk asuransinya,” jelas Aulia.

“Dapat digunakan dengan cara menghubungi Dishub Makassar. Nantinya akan dijadwal, hari apa dan tujuan pulau ke mana kami akan buatkan jadwal,” sambung mantan Kepala Dinsos Makassar itu.

Sedangkan inovasi Si Kuning, merupakan angkutan bus sekolah. Bakal diupgrade dengan penggunaan QR Code, sebagai alat penginput data siswa.

“Ini agar bisa mendeteksi dan menjaga anak sekolah tersebut,” tutupnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here