Dinas PU Makassar Benahi IPAL Komunal di Kelurahan Bontorannu

MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar melakukan pembenahan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Mariso.

Tim teknis bersama dengan PPTK sanitasi bahkan berkunjung ke lokasi untuk mengevaluasi kesiapan pelaksanaan pengecoran bak IPAL, Selasa 08 Agustus 2023.

Langkah nyata ini, bertujuan untuk mengatasi permasalahan limbah domestik dari sekira 150 rumah penduduk di Kelurahan Bontorannu.

Begitu yang disampaikan Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar, Hamka Darwis melalui keterangan resminya.

“IPAL komunal ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mengangkat kualitas sanitasi di Kelurahan Bontorannu, dengan melayani air limbah dari sekitar 150 rumah,” ucapnya.

“Kami berharap lingkungan sekitar bisa terhindar dari dampak negatif akibat pembuangan limbah yang tidak teratur,” lanjut Hamka.

Proyek tersebut diketahui menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Terintegrasi tahun 2023 dari pemerintah pusat.

Keberadaan IPAL komunal ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat dalam aspek sanitasi, tetapi juga berdampak positif pada kesehatan masyarakat serta kelestarian lingkungan di masa depan.

Hamka pun berharap Kelurahan Bontorannu dapat menjadi teladan dalam pengelolaan limbah domestik yang ramah lingkungan, berkontribusi positif pada upaya perlindungan lingkungan dan kualitas hidup yang lebih baik. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here