Dinas PU Makassar Siap Kelola IPAL Losari

MAKASSAR – Senin 18 September 2023. Jajaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar menghadiri rapat koordinasi tentang pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari, di ruang rapat Sekretaris Kota, lantai 9 Kantor Balai Kota Makassar.

Rapat ini, dipimpin langsung Sekkot Makassar, M Ansar. Dihadiri langsung Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL), Hamka Darwis.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah aspek terkait pengelolaan IPAL Losari. Termasuk sambungan rumah instalasi perpipaan, kelembagaan, dan tarif pelanggan.

Kepala Dinas PU Makassar, Zulhaelsi Zubir menegaskan kesiapannya untuk mengelola IPAL Losari dengan baik.

Selain itu, dia juga menyatakan keterbukaan untuk berkolaborasi dengan pihak terkait, termasuk dengan Perumda Air Minum Makassar dalam mengelola sistem air limbah domestik di Kota Makassar.

“Kami siap berkolaborasi dengan pihak PDAM dalam mengelola sistem air limbah domestik di Kota Makassar,” kata Elsi-sapaannya.

Rapat ini menjadi langkah awal yang penting dalam upaya Pemerintah Kota Makassar untuk meningkatkan infrastruktur dan pengelolaan IPAL demi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kota.

Sementara itu, Sekkot Makassar, M Ansar menyatakan, bahwa hasil rapat koordinasi ini akan segera disampaikan dalam bentuk surat kepada Dirjen Sanitasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebagai laporan mengenai kesiapan Pemerintah Kota Makassar dalam mengelola IPAL Losari.

“Hasil rapat koordinasi ini akan kami sampaikan dalam bentuk persuratan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal ini Dirjen Sanitasi sebagai bentuk laporan kesiapan Pemerintah Kota Makassar dalam hal mengelola IPAL Losari,” sebut Ansar. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here