Kepala Dinas PU Makassar Dukung Pengembangan Sudirman Loop

MAKASSAR – Kamis 21 September 2023. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zulhaelsi Zubir menghadiri acara yang digelar oleh United Kingdom (UK) Partnering for Accelerated Climate Transitions (PACT) Indonesia di SwissBell Hotel, Makassar.

Pada pertemuan ini, UK PACT Indonesia memperkenalkan konsep Future Cities dengan tema Makassar Conceptual Design Dissemination.

Tema itu merupakan konsep kota masa depan hijau dan rendah karbon. Seperti konsep atau desain pengembangan Sudirman Loop.

Sudirman Loop sendiri merupakan konsep untuk meningkatkan mobilitas perkotaan berkelanjutan untuk kota metropolitan pesisir demi pembangunan rendah karbon yang lebih aman, inklusif dan berketahanan.

Juga menggabungkan empat langkah utama, yaitu peningkatan rute transit dan pelayanan multimoda, promosi mobilitas aktif dan rendah karbon, pemanfaatan kawasan tepi laut dengan meningkatkan konektivitas dan mengintegrasikan jaringan biru dan hijau dan promosi jangkar komunitas.

Desain Sudirman Loop untuk sumbu Fort Rotterdam berpotensi mengurangi emisi 165 tCO2e/th, 500 meter jalur teduh, 3.400 M2 area kegiatan ekonomi dan 1.9 ha, desain lengkap berbasis WSUD untuk ketahanan sistem drainase.

Acara dimulai dengan sambutan Senior Program Lead for Urban Transportasi Planning WRI Indonesia, Retno Wihanesta.

Dia menyampaikan bahwa program ini diadakan untuk kota pesisir, yang mana problem kota pesisir itu kenaikan air laut.

“Yang menjadi prioritas adalah program Sudirman Loop yang pada hari ini akan kita diskusikan,” ungkap Retno.

“Dimana desain ini untuk perencanaan kota masa depan rendah karbon,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rusmayani Masjid menyambut baik rencana kota masa depan tersebut.

Dengan begitu, setelah menghadiri acara ini, Rusmayani akan berkoordinasi dengan Wali Kota Makassar untuk pelaksanaan konsep Sudirman Loop ini.

Pada sesi diskusi, Kepala Dinas PU Makassar, Zulhaelsi Zubir memberikan masukan terkait konsep Sudirman Loop itu.

Dia turut mendukungnya. Apalagi, Dinas PU nantinya menjadi salah satu yang terlibat dalam pembangunan Sudirman Loop tersebut.

Elsi-sapaannya juga menyampaikan akan terus berkoordinasi dan menunggu arahan langsung dari Wali Kota Makassar.

“Untuk desain pembangunan kota Makassar, Wali Kota Makassar menitipkan beratkan untuk area pedestarian jalan,” singkatnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here