Dispora Makassar Gelar Semiloka Pemuda Inklusif

MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Makassar menggelar Semiloka Pemuda Inklusif Kota Makassar, di Premier Hotel Karebosi, Senin 25 September 2023.

Kegiatan ini dihadiri berbagai pihak, termasuk Ketua Komisi D DPRD Makassar, Ketua KNPI Makassar, pemuda inklusif, dan perwakilan dari USAID Madani yang juga menjadi narasumber.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Makassar, Bryan Ramadhan Brahman mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan fasilitas kepada pemuda di Kota Makassar.

Dalam hal ini, memberikan hak-hak dasar bagi semua golongan pemuda, khususnya teman-teman penyandang disabilitas.

“Dalam workshop ini, para pemuda diberikan pemahaman tentang etika berbicara kepada individu penyandang disabilitas. Contohnya, mereka diajarkan untuk tidak menggunakan kata ‘cacat’ yang bisa menyinggung perasaan,” ungkap Bryan.

Alternatifnya, mereka diminta menggunakan kata ‘disabilitas’ agar komunikasi lebih sopan dan menghargai martabat individu tersebut.

Selama workshop, peserta membahas, mendengarkan, dan mencari solusi terkait bagaimana hak-hak dasar penyandang disabilitas dapat difasilitasi.

Mereka juga mempelajari cara berinteraksi dengan baik dan benar tanpa pelanggaran etika dalam berkomunikasi, terutama terkait menyediakan hak dan etika dalam berinteraksi dengan teman-teman penyandang disabilitas.

“Serta bagaimana cara berinteraksi yang baik dan benar tanpa menyinggung kepada teman-teman disabilitas, utamanya tentang pemenuhan hak dan etika dalam berinteraksi,” pungkasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here