Mahasiswa UN Gorontalo Kuliah Lapangan di Dinas PU Makassar

MAKASSAR – Mahasiswa program studi perencanaan wilayah dan kota Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berkunjung ke SPALD-T Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari, Jumat 13 Oktober 2023.

Kunjungan ini, dalam rangka kuliah lapangan. Mereka terdiri dari 26 mahasiswa dan didampingi dua dosen pembimbing.

Kedatangan mereka disambut baik Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Hamka Darwis.

Menurut Hamka, tujuan dari kunjungan mahasiswa UNG itu, untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai pembangunan infrastruktur wilayah perkotaan.

“Kami memberikan gambaran tentang sistem pengelolaan air limbah domestik di kota Makassar, terutama terkait sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di IPAL Losari,” kata Hamka dalam keterangannya.

Dia juga menjelaskan, bahwa SPALD-T IPAL Losari adalah Program Nasional Kementerian PUPR yang diimplementasikan di Kota Makassar.

Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pemeliharaan kualitas air tanah di wilayah tersebut.

IPAL Losari diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada sekitar 14 ribu rumah warga di wilayah kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Mamajang, Mariso, dan Tamalate.

“Ini adalah langkah signifikan dalam memperbaiki infrastruktur sanitasi dan lingkungan di kota tersebut,” jelas Hamka.

Sementara itu, Ketua Program Studi UNG, Dr Sri Sutarni Arifin menyampaikan apresiasinya atas pelayanan dari UPT PAL Dinas PU Makassar dalam memfasilitasi kunjungan lapangan mahasiswanya.

Sri Sutarni berharap, informasi yang didapatkan akan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here