Museum Kota Makassar Akhirnya Direvitalisasi, Arsitek dan Pemerhati Cagar Budaya Berterima Kasih

MAKASSAR — Arsitek Sudjar Adityadjaja dan pemerhati cagar budaya pelestari Makassar Architectural Heritage Development Center (MAHDC) dan budayawan kota David Aritanto mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih ke Walikota Makassar atas inisiatif revitalisasi Museum Kota Makassar di Jl Balai Kota, Kecamatan Ujungpandang.

Bagi mereka, pemugaran bangunan bersejarah peninggalan Belanda itu merupakan wujud nyata perhatian otoritas kota atas kelestarian cagar budaya dan ruang histori publik di Kota Makassar.

Revitalisasi dimulai 18 Oktober 2023, dan sejak itu, museum ditutup sementara untuk kunjungan publik.

ReOpening Museum Kota dijadwalkan awal tahun 2024.

UPT Museum Kota menjanjikan banyak kejutan saat reopening.

Musem Kota dibangun 1906 oleh pemerintah Belanda dan dijadikan kantor Gementee administratif kota.

Wali Kota Makassar selama enam dekade (1940 hingga 1990-an) berkantor di gedung ini.

Tanggal 7 Juni 2000, di tahun pertama HA Baso Amirullah jabat Walikota, gedung ini resmi dialihfungsikan menjadi museum kota.

Sejak saat itu, belum ada rehabilitasi dan renovasi berarti.

Inilah yang mengkonfirmasi ungkapan terima kasih dari komunitas arsitek dan pemerhati cagar budaya.

“..setelah terperangkap dalam ketakberdayaan, kini sudah dalam performa terbaik kembali.. Terima kasih Dinas Kebudayaan Kota Makassar dan sahabat .” ujar Sudjar yang juga pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulsel ini, Sabtu (9/12/2023) di akun facebooknya.

Menurut pemilik rumah arsitek Panrita 9 ini, museum adalah simbol peradaban, penghargaan sekaligus peleatarian satu kota.

Apresiasi serupa diungkapkan David Aritanto, jurnalis dan pemerhati budaya.

Meseum Kota beralamat di Jl. Balai kota No. 11 A. Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulsel.

Koleksi lainnya adalah relief potret Ratu Wilhelmina dan Ratu Yuliana, foto reproduksi naskah, foto-foto peristiwa serta bangunan bersejarah, peralatan sehari-hari dan mata uang.

Jam layanan bagi pengunjung di hari Selasa-Kamis pukul 8 pagi sampai pukul 2 siang (WITA), untuk hari Jumat pukul 8-pukul 11 siang, hari Sabtu pukul 9-2 siang, dan Minggu pukul 09-14.00. Sementara hari Senin dan libur nasional meseum tutup. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here