Peduli Budaya, Danny Pomanto Support Pembangunan Balla Lompoa Kerajaan Tallo

MAKASSAR – Jumat, 31 Maret 2023. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto didatangi rombongan pria di kediamannya, Jalan Amirullah. Tamu itu, hampir seluruhnya mengenakan songkok khas Bugis, Recca.

Rombongan tamu itu, ternyata bukan orang sembarangan. Mereka punya andil besar dalam memelihara cagar budaya Kerajaan Tallo. Mereka adalah para Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo.

Kedatangan mereka menemui Danny Pomanto, ingin menyampaikan rencana untuk merevitalisasi situs cagar budaya Kerajaan Tallo. Termasuk rencana pembangunan rumah adat atau Balla Lompoa di bekas lahan istana kerajaan, di Jalan Sultan Abdullah.

Danny Pomanto-sapaan wali kota lantas menyampaikan supportingnya.

“Tentu Pemkot Makassar mendukung. Segera siapkan administrasinya sehingga kita bisa bantu,” ucapnya di depan Dewan Adat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo.

Danny Pomanto juga sangat setuju dengan adanya rencana dewan adat bekerjasama dengan Pemkot Makassar di bidang pendidikan. Dianggap, dapat membantu para pelajar untuk mengetahui sejarah dan kebudayaan yang ada di Sulsel. Utamanya sejarah Raja-Raja Tallo.

“Saya bikin dewan kebudayaan itu sebagai tanda bahwa Pemkot Makassar peduli terhadap sejarah dan kebudayaan di Makassar,” tegasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here