Bakal Diresmikan Presiden, Perumda Air Minum Makassar Fokus Persiapkan Pengelolaan IPAL Losari

MAKASSAR – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal kembali berkunjung ke Makassar pada November 2023 mendatang.

Jokowi dijadwalkan akan meresmikan langsung pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari. Saat ini, progresnya hampir rampung.

Perumda Air Minum Makassar diberikan kewenangan untuk mengelola secara langsung IPAL Losari.

Persiapan demi persiapan dilakukan Perumda Air Minum Makassar untuk memaksimalkan pengelolaan IPAL Losari ke depan.

Sumber Daya Manusia (SDM) bahkan terus diasah untuk lebih konsentrasi menangani IPAL Losari tersebut.

Rabu tadi, 17 Mei 2023. Sebanyak 28 karyawan Perumda Air Minum Makassar diutus untuk mengikuti pelatihan bertajuk “Lanjutan Fasilitasi dan Evaluasi Pelaksanaan LLTT dan Latihan Enumerator Tambahan Potensi Calon Pelanggan Sensus Tangki Septik Divisi PAL Perumda Air Minum Kota Makassar”.

Pelatihan itu rencananya akan berlangsung selama tiga hari, yang diselenggarakan oleh USAID IUWASH Tangguh.

Menurut Regional Manager USAID IUWASH Tangguh Sulsel dan Papua, Rieneke Rolos dalam keterangannya, pelatihan tersebut membahas tentang tugas enumerator. Serta layanan lumpur tinja terjadwal (LLTT).

Tentu tujuannya, untuk meningkatkan kualitas SDM enumerator.

“Melaksanakan survei membutuhkan kejujuran untuk mendapatkan data yang benar guna mendukung Perumda Air Minum Makassar menjalankan program menuju sanitasi aman Kota Makassar. Jadi penting bagi tenaga SDM ini untuk diberikan pembekalan,” kata Rieneke.

Sementara itu, Direktur Pelayanan dan PAL Perumda Air Minum Makassar, Aiman Adnan berharap, selepas pelatihan, SDM yang diutus semakin siap untuk mengelola IPAL Losari.

“Kami harap setelah tahapan-tahapan yang kami lalui, kami semakin siap untuk mengelola IPAL Losari nantinya, sebagaimana amanah dari Pemerintah Kota Makassar,” ucapnya.

“Kami juga komitmen untuk menjawab kepercayaan (pemerintah pusat) ini dengan keberhasilan,” sambungnya menutup. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here