Tingkatkan Keahlian Pemeriksa Pajak, Bapenda Makassar Gandeng PKN STAN

JAKARTA BARAT – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, Firman Hamid Pagarra menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama Direktur Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara PKN-STAN, Rahmadi Murwanto.

Penandatanganan PKS itu berlangsung di Kantor Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak Kementerian Keuangan, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis 20 Juli 2023.

Menurut Firman, kerja sama tersebut terkait dengan pelatihan pemeriksa pajak melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang diselenggarakan STAN.

Sebab, peningkatan kompetensi sumber daya manusia di lingkup Bapenda Makassar adalah sebuah keharusan.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan oleh STAN sebagai lembaga kredibel yang diakui dalam tata pengelolaan keuangan negara, mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada pegawai Bapenda khususnya dalam hal peningkatan potensi pajak daerah,” kata Firman.

Mantan Kabag Humas Sekretariat Kota Makassar ini pun berharap, jika pelatihan ini menjadi bagian langkah strategis dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menuju Rp2 triliun.

“Jadi ini adalah hal yang baru bagi Bapenda Kota Makassar melaksanakan diklat di PKN STAN Jakarta. Untuk tahap pertama ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2023, dan ada sekitar enam pegawai Bapenda yang akan mengikuti diklat pemeriksa pajak,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Direktur PKN STAN, Rahmadi Murwanto, sejauh ini pihaknya sudah banyak memberikan pelatihan kepada beberapa pemerintah daerah di Indonesia.

Pelatihan itu berupa pajak daerah hingga pelatihan keuangan.

“Kami menyambut baik tujuan dari Bapenda Kota Makassar dalam peningkatan kapasitas pemeriksa pajak. Pemeriksa pajak harus memiliki knowledge dan skills yang baik dalam peningkatan pajak daerah di kota Makassar,” sebut Rahmadi. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here